Rabu, 06 April 2016

Perbedaan Antara Berlian Asli dan Palsu

Uul     11.48.00    


Anda tidak perlu mata yang terlatih untuk membedakan berlian asli dan palsu. Jika Anda tahu ciri-cirinya, Anda dapat menyelamatkan diri dari tipuan berlian palsu. Pelajari cara membedakan antara berlian asli dan palsu berikut ini :

Berlian begitu mengkilap, batu berwarna yang membuat mata berbinar kagum ketika melihatnya. Sejak zaman dahulu, berlian telah menjadi teman terbaik bagi wanita. Batu permata ini selalu menjadi harta berharga karena keindahan dan keistimewaan harganya. Orang-orang menghabiskan jutaan, milyaran bahkan trilyunan rupiah untuk memiliki harta karun ini. Jika Anda memiliki uang, Anda dapat membeli yang terbaik dari batu-batu berkilau ini. Namun, tidak semua yang gemerlap berarti emas, tidak semua yang berkilau berarti berlian. Ada banyak karakter murahan di luar sana yang mencoba untuk meniru/ memalsukan harta karun ini. Jadi, jika Anda berencana untuk membeli berlian yang asli untuk diri sendiri atau kekasih Anda, penting untuk mempelajari perbedaan antara berlian asli dan palsu. Ini akan membantu Anda mendapatkan batu yang tepat sesuai yang Anda bayar. 

Bagaimana Mengenali Perbedaan?
Anda mungkin mengatakan bahwa Anda tidak memiliki mata yang terlatih untuk membedakan berlian asli dan yang palsu. Jadi, bagaimana Anda akan tahu apakah berlian di depan Anda adalah asli atau palsu? Namun, bahkan jika seseorang menciptakan tiruan yang sangat mirip dengan berlian asli, ada beberapa karakteristik yang tidak dapat ditiru dari berlian asli. Karakteristik ini membantu seseorang membandingkan berlian asli dan palsu. Seperti yang Anda harus sadari, berlian yang terbuat dari karbon yang telah dikompresi di bawah permukaan bumi selama ratusan abad. berlian asli memiliki 10 skala Mohs (tingkat kekerasan batuan), membuat berlian menjadi mineral yang paling sulit ditemukan di bumi. Dengan demikian, berlian dapat memotong kaca, ruby, safir, dan bahkan berlian palsu, yang dikenal sebagai Cubic Zirconia (CZ). The Cubic Zirconia terbuat dari kaca, yang membuat mereka berkilau dan bersinar seperti berlian asli. Oleh karena itu, kita perlu memahami perbedaan detail antara berlian asli dan palsu. 

Uji Dengan Melihat 
Salah satu cara terbaik untuk membandingkan berlian asli dan palsu adalah dengan melihat kedua-duanya. Anda akan melihat bahwa berlian palsu adalah seperti kaca. Untuk membedakan antara keduanya, ambil pena hitam dan buatlah dua titik-titik kecil pada selembar kertas putih. Kemudian, tempatkan berlian asli dan berlian palsu di atas titik tersebut. Jika titik-titik tersebut terlihat buram berarti berlian tersebut asli, tetapi jika titik-titik tersebut terlihat jelas berarti berlian tersebut palsu. Tes lain adalah tes koran. Jika Anda pergi ke toko untuk membeli berlian, mintalah koran dan tempatkan berlian di atasnya dan lihatlah tulisan koran itu melalui berlian. Jika Anda dapat membaca huruf pada koran itu melalui berlian, maka itu berlian palsu. Bercak hitam tanda jelas atau bintik-bintik juga membuktikan bahwa berlian itu palsu. Jika berlian Anda sudah terpasang, periksa bagian bawah. Jika Anda dapat melihat bagian bawah sambil melihat langsung dari atas, maka berlian itu palsu. 

Uji Refleksi Berlian
Jika berlian asli, Anda akan dapat mengamati refleksi yang berwarna abu-abu. Sebuah berlian palsu akan memberikan refleksi warna pelangi atau refleksi warna-warni. 

Uji Tes Kabut
Metode terbaik untuk melihat perbedaan berlian asli dan berlian palsu adalah dengan tes kabut. Yang perlu Anda lakukan adalah tempatkan berlian dekat dengan mulut Anda dan bernapaslah di atasnya. Jika Anda menemukan bahwa batu tetap berkabut selama sekitar 2-4 detik, yakin kalau itu adalah berlian palsu. Jika itu berlian asli, kabut itu tidak akan terlihat bahkan sebelum Anda sempat untuk membersihkannya. 

Uji Cerminan Cahaya

Berlian asli akan mencerminkan cahaya dari semua sisi, sedangkan berlian palsu tidak. Anda perlu memeriksa berlian Anda dari sudut sisi dan lihatlah berlian itu bersinar. Jika berlian itu asli, akan bersinar di semua sisi. 

Uji Panas 

Sebuah uji panas adalah salah satu yang paling sederhana dan paling efektif untuk membandingkan berlian asli dan palsu. Yang perlu Anda lakukan adalah memanaskan berlian Anda selama sekitar 30 detik atau lebih. Anda akan menemukan bahwa berlian asli tidak terasa panas. Hal ini karena berlian nyata menyebarkan panas dengan cepat. Sebuah berlian palsu akan menjadi panas ketika uji panas ini dilakukan. 

Scratch Me Not 
Berlian adalah mineral yang paling sulit di bumi, dengan demikian, sangat sulit untuk menemukan goresan dan scuffing di atasnya. Tapi, jika Anda memiliki berlian palsu, Anda akan menemukan bahwa itu adalah penuh goresan cahaya dan scuffing. Hanya memegang kaca pembesar terhadap batu dan Anda akan dapat melihat ini noda cahaya. 

Tajam di Tepi Sekali lagi, karena berlian asli sangat keras, berlian dapat dengan mudah diasah di tepi-tepinya. Hal ini membuatnya sangat tajam. Sedangkan berlian palsu memiliki penampilan yang lembut dan cenderung bulat pada bagian tepi. 

Itulah semua tentang apa yang perlu Anda ketahui untuk menemukan perbedaan antara berlian asli dan palsu. Berhati-hatilah dan yakinkan Anda jika berlian yang Anda punya atau yang ingin Anda beli adalah berlian asli. Jangan sampai tertipu karena Anda sudah mengeluarkan banyak uang untuk harta karun yang sangat indah ini


Sumber :
http://www.buzzle.com/
- http://bisniskeuangan.kompas.com/

0 komentar :

About Us

Pripunto (Bahasa Jawa) yang artinya "Bagaimana sih?" Dibuat dengan semangat untuk memberikan sharing informasi

Category

© 2016 pripunto. Designed by Bloggertheme9. Powered By Blogger | Published By Blogger Templates .